Rabu, 13 Oktober 2010

Teliti Memilih Lokasi Usaha

Saropi Muchtar

Memilih lokasi tempat usaha untuk bisnis eceran, atau toko kelontong, restoran, jasa perbaikan alat-alat listrik atau bengkel motor atau industri kecil seperti pabrik permen atau kerupuk dan lain-lain, tampaknya gampang-gampang susah.

Sebenarnya usaha seperti ini dapat saja dilakukan dirumah sendiri. Akan tetapi yang akan dibahas disini adalah kegiatan usaha yang diadakan diluar tempat tinggal si pengusaha.

Lalu mengapa perusahaan besar atau konglomerat di Jakarta memilih lokasi usahanya di jalan-jalan utama seperti di Jalan Sudirman atau Thamrin. Padahal biaya berkantor di tempat tersebut sangat mahal. Tentu karena mereka mempunyai pertimbangan tersendiri, misalnya karena gengsi atau untuk membentuk citra perusahaan.

Ada sebuah anekdot yang mengatakan bahwa saudara-saudara kita dari Sumatera yang berbakat dagang itu kalau merantau ke Jakarta, pasti tidak akan kelaparan. Apa pasal. Karena kehidupan di Jakarta yang katanya lebih kejam dari ibu tiri, memberi kesempatan kepada mereka yang mau berusaha. Lihat saja rumah makan Minang hampir terdapat disetiap pojok kota Jakarta. Begitu juga warung makan "WARTEG" bertebaran di mana-mana bahkan sampai dipinggiran kota.

Kembali ke contoh : "Orang awak" tadi, mereka tidak boleh melihat lahan kosong dipinggir jalan yang ramai dan strategis, langsung saja menggelar selembar kertas koran dan menaruh barang dagangannya diatasnya. Dagangan yang umumnya berupa satu jenis barang seperti : pensil, dompet, sepatu, saputangan, kemeja atau celana dan sebagainya.

Dengan modal selembar kertas koran dan satu jenis barang dagangan apakah mereka dapat berkembang? Sulit diramalkan. Bisa ya, bisa juga tidak. Bagi mereka yang rajin, ulet, hemat mungkin saja mereka dapat berkembang. Ini berkat kejeliannya mengamati situasi disekitarnya. Tidak jarang akhirnya mereka memiliki toko yang bonafide. Sedang bagi yang lain mungkin hanya hidup biasa-biasa saja. Belum lagi karena faktor lain seperti digusur KAMTIB atau hari hujan, yang otomatis mereka tidak dapat berdagang.

Karenanya, agar usaha dapat berjalan dengan aman dan lancar serta dapat berkembang, memang perlu memilih lokasi tempat usaha yang tepat. Untuk menemukan lokasi yang dapat menghasilkan bukan pekerjaan yang gampang. Untuk itu perlu kerja keras dan penuh kesabaran disamping memerlukan pertimbangan banyak faktor.

Faktor-faktor tersebut akan berbeda-beda tergantung dari jenis usaha yang dilakukan. Apakah berupa toko kelontong, pabrik tempe atau roti, bengkel atau restoran dan sebagainya. Bagaimanakah menemukan lokasi usaha yang strategis dan tepat itu? Nah, untuk itu kita memang perlu melakukan penelitian sebelumnya.

Sebagai contoh : mendirikan industri kecil pabrik roti. Meski telah ditemukan lokasi yang tepat, masih perlu dipertimbangkan hal lainnya seperti : apakah ada kemudahan untuk menambah daya listrik, kemudahan keluar masuknya kendaraan untuk mengangkut bahan baku atau produk barang jadi. Apakah gedung masih harus direnovasi dan bagaimana dengan biayanya, bagaimana pula dengan reaksi masyarakat sekitar, apakah dapat menerima keberadaan tempat usaha dilokasi tersebut. Bagaimana dengan izin usaha dan sebagainya.

Jangan sampai terjadi, kita telah membeli atau menyewa tempat dilokasi yang kita inginkan tetapi masyarakat sekitar menolak keberadaan usaha kita ditempat tersebut. Penolakan ini disebabkan karena limbah kotoran atau polusi suara karena gemuruhnya mesin penggiling dan sebagainya. Akibatnya biaya sewa dan biaya lain yang telah dikeluarkan akan menjadi sia-sia. Begitu juga pertimbangan lain, misalnya mengenai daya listrik. Untuk sebuah restoran mungkin tidak memerlukan daya listrik yang besar bila dibandingkan untuk keperluan pabrik.

Untuk restoran, kamar kecil yang bersih, sirkulasi udara yang baik diruang makan maupun didapur, meja dan lantai yang bersih termasuk lap tangan yang tidak dekil dan basah, sangat besar artinya agar pelanggan tidak lari.

Disamping itu dikota-kota besar sarana telpon sudah perlu untuk dipertimbangkan.

Sebagai kesimpulan, sebelum kita memulai untuk menentukan tempat usaha disuatu lokasi tertentu, memang perlu dilakukan penelitian sebelumnya.

Ada beberapa hal yang harus diingat untuk meneliti lokasi tempat usaha antara lain :

1. Perhatikan akan katerbatasan modal. Sebelum Anda melakukan penelitian, tentu Anda telah dapat mengukur kemampuan keuangan Anda sendiri. Apakah tempat yang digunakan untuk berusaha tersebut akan disewa atau dibeli. Kalau harganya atau sewanya tidak cocok, tidak ada gunanya meneliti situasi lokasi tersebut lebih lanjut.

2. Pelajari lebih mendalam lokasi yang telah dipilih. Untuk Anda yang memilih jenis usaha toko atau jasa didaerah pemukiman, perlu juga dipertimbangkan hal-hal berikut, misalnya :

a. Kelompok kesukuan Dengan mengetahui berbagai macam suku yang mungkin berada didaerah tersebut, maka kita juga akan mengetahui kebutuhan spesifik dari kelompok tersebut.

b. Kepercayaan maupun kebudayaan Anda tentunya tidak akan menjual produk-produk yang tidak dikonsumsi oleh sebagian besar penghuni karena faktor tertentu.

c. Taraf hidup maupun daya belinya. Dengan pengamatan, Anda tahu produk dan jasa maupun kualitasnya yang perlu disediakan dan yang cocok untuk konsumen.

d. Jumlah pembeli yang diharapkan membeli. Hal ini diperlukan untuk menetapkan banyaknya macam-macam penjualan atau rata-rata nilai penjualan setiap harinya untuk memperkirakan perputarannya.

3. Potensi perkembangan daerah. Selidiki sebelumnya bahwa daerah yang telah Anda pilih merupakan daerah yang berkembang dan tumbuh dengan cepat atau sebaliknya. Hal ini dapat Anda tanyakan kepada pihak perusahaan yang membangun perumahan atau developer. Misalnya tahap-tahap pembangunan rumah-rumah baru, juga banyaknya usaha yang sudah ada. Misalnya kalau tahap Ke I baru dibangun 200 rumah, diharapkan tahap berikutnya sudah dibangun 400 rumah dalam tahun yang sama.

Dengan petunjuk yang disebutkan diatas Anda dapat menganalisanya lebih cermat untuk mendapatkan keputusan yang tepat, sebelum Anda memutuskan memilih tempat usaha dilokasi tersebut.

http://cooperative-naive.forumotion.net/management-articles-f27/teliti-memilih-lokasi-usaha-t51.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar